Sunday, February 08, 2009



Sebagian dari kita kartu kredit sudah lazim menghiasi dompet. Kadang tidak cukup satu, bahkan saya pernah memiliki teman dengan kartu kredit lima buah, hebatnya lagi kelima kartu tersebut telah “sandar”, istilah temanku untuk kartunya yg telah dipakai sampai batas limit maksimum. Bisa dibayangkan bagai mana tiap bulannya harus menutup semua tagihan – tagihan yang bunganya sungguh mencekik leher.

Madu kartu kredit

Kartu kredit bisa menjadi madu yang manis jika kawan tahu cara pemaikannya. Hal pertama yang perlu diingat adalah jangan menjadikan kartu tersebut sebagai tambahan gaji/pendapatan. Setiap gesekan kartunya mengakibatkan tagihan yang harus dibayar dari gaji anda. Bebeperapa trik pemaikan kartu kredit agar kawan tidak terjebak dalam hutang konsumtif adalah :

1. Belilah barang yang memang diperlukan ( kalau bisa ada diskon )
Ditengah banjirnya promosi produk, kita sebagai konsumen kadang melupakan prinsip berbelanja, yaitu kita membeli karena kebutuhan bukan karena keinginan semata.

2. Segera lunasi kartu tagihan sebelum bunga tinggi mencekik.
Jangan sekali – kali menunda pembayaran – kecuali sangat terpaksa-, bayarlah semua tagihan, karena jika hanya membayar minimal maka bunga kredit yang bunga berbunga itu semakin memberatkan. Nah kalau dari sisi penerbit kartu, pembayaran minimal tentu lebih menguntungkan.

3. Miliki kartu kredit yang banyak memberikan diskon belanja dan anual fee yang murah.
Banyak bank menawarkan kartu kredit dengan agresif bahkan cukup foto kopi KTP, berhadiah pula. Untuk memilih kartu kredit hendaknya pertimbangkan terlebih dahulu seperti, kartu mana yang banyak diskon dan anual fee yang murah. Untuk menghindari godaan pemakaian milikilah maksimal dua kartu.


Racun Kartu Kredit

Akan menjadi racun yang menggerogoti kesehatan finansial anda jika pemakaian kartu tanpa rencana seperti diatas. Dengan bunga kartu kredit yang tinggi ditambah bunga berbunga, maka hanya karena ingin memiliki HP, baju dan barang konsumtif baru lainnya, anda terjebak dalam lubang hutang kartu kredit.
Bagaimana jika sekarang telah memiliki tagihan dan kartu yang banyak ?, tidak ada cara lain segeralah lunasi walaupun sangat berat. Dan mulailah menabung. Menabung walau kecil lebih baik daripada berhutang..
Posted by Picasa

7 comments :

  1. Setuju juga deh ....

    Mas Indi liat blog ku ya, ajarin cara setting blog kayak mas indi.

    ReplyDelete
  2. @chopper, thks telah mampir, gambar2nya oke juga ya

    ReplyDelete
  3. @anak rantau, boleh juga bagi ilmu yang sedikit bos, aku akan mampir kesana

    ReplyDelete
  4. Tukang keridit, gada bedanya kita ambil barang di tukang keridit. Ambil duluan, bayar nyicil..., he he he, gaya hidup yg sebenernya sangat gak dianjurkan, pernah punya, tapi dah aku tutup. Kalo menurutku, lebih enak dan flexibel kalo pakai kartu debit yg universal, artinya bisa diterima dibanyak tempat, macam produk kartu ATM nya BCA dan mandiri, bener khan mas indy....

    ReplyDelete
  5. @mbak shanty,
    Jangan sadis begitu he.he.., kartu kredit juga bisa membantu lho

    ReplyDelete