Tuesday, December 01, 2009














H
ampir semua bank (kecuali BPR) menerbitkan kartu ATM untuk mempermudah nasabahnya bertransaksi, bahkan ada juga bank yang menerbitkan kartu ATM tanpa harus memiliki mesin begitu banyak, hal ini dikarenakan fasilitas Link maupun ATMbersama antar bank. Pemilik rekening sangat dimanja dengan fitur dan layanan yang beragam dari mesin ATM, namun karena kurangnya pengetahuan dan kehati – hatian pengguna ATM kerap menjadi sasaran empuk penipuan berkedok hadiah, Call Center palsu dan lainnya. Beberapa modus penipuan yang memanfaatkan ATM antara lain; Anda sebelumnya ditelepon, atau sms yang isinya sebagai pemenang undian atau tawaran lainnya yang mengharuskan Anda menghubungi nomor yang ada di tepon atau sms. Karena sudah tergiur dengan iming – iming hadiah, Anda tanpa berpikir panjang mengikuti perintah pelaku kejahatan dengan transaksi di mesin ATM. Dengan sangat lihai penipu memandu Anda menekan perintah – perintah di mesin ATM . Dari perintah lihat saldo sampai mentransfer sejumlah tertentu kepada pelaku, sampai saat itu Anda belum menyadari. Biasanya Anda baru sadar setelah struk keluar dari mesin ATM, namun terlambat uang Anda telah terdebet. Modus lainnya adalah dengan call center palsu. Ketika Anda memasuki ruang ATM, sesungguhnya card reader ( pembaca kartu ATM ) telah diberi semacam jebakan sehingga kartu Anda tertahan didalamnya. Ketika Anda panik, pelaku masuk dengan baik hati menyarankan Anda untuk menghubungi call center yang sebelumnya telah ditempel di mesin ATM. Tentu saja Nomor Call center ini palsu, kemudian ketika Anda menelpon, klompotan pelaku sudah menunggu, dengan bahasa yang mirip petugas bank, Anda akan dituntun sampai tanpa sadar menyebutkan nomor pin kartu ATM. Selesai kah aksi kejahatan mereka ?, belum.., setelah mendaptkan no pin, call center palsu akan memberitahu Anda untuk mengambil kartu ATM dicabang terdekat. Ketika anda keluar pelaku yang baik hati tersebut mengambil kartu anda yang tertahan dimesin dengan no pin yang ada di tangan pelaku lainnya. Akhirnya mudah ditebak, Anda tidak bisa mengambil kartu yang seolah – olah tertelan di mesin dan uangpun sudah terkuras.

Tips menjaga kartu ATM
Untuk menjaga agar ATM anda aman dari penipuan dan penyalahgunaan boleh jadi dibawah ini salah satu tips yang bisa Anda lakukan :
1. Jangan cepat tergiur dengan telepon, sms atau bentuk apapun yang menyatakan anda adalah pemenang hadiah. Lakukan konfirmasi dengan pikiran tetap rasional. Jangan terpancing jika Anda diminta mengirimkan uang terlebih dahulu, atau diminta ke mesin ATM tanpa alas an yang jelas.
2. Jangan beritahu no PIN ATM kepada siapapun, walau mengaku dari petugas bank.
3. Lakukan penggantian PIN sesering mungkin
4. Jika terjadi sesuatu dengan ATM Anda lakukan konfirmasi kepada bank penerbit dengan nomor yang anda peroleh secara resmi. Jangan mudah percaya dengan nomor yang tertera di sekitar mesin, boleh jadi call center palsu.

Semoga dapat membantu










Posted by Picasa

2 comments :

  1. Tulisannya bagus , kritis, dan sangat membuka wawasan . Terima kasih Pak !

    ReplyDelete
  2. thks kunjunganya cik, ternyata ada kejadian atm betulan ya ?

    ReplyDelete