Friday, March 20, 2015

 
    
       Kemajuan teknologi membuat dunia semakin terasa sempit dan kecil, rasanya tidak ada sudut di bumi ini yang tidak pernah terjamah manusia, begitu juga penduduk bumi ini terutama generasi 80 an ke atas hampir tidak ada yang buta informasi. Perilaku orang dengan segala tingkah dan ucapanyapun mudah diketahui orang lain seketika itu dan ramai menjadi bahan perbincangan.

Perilaku buruk dan ucapan yang tidak sepatutnya dari seorang pejabat publik mudah diumbar dan seolah menjadi lumrah oleh media. Seperti tinta yang menetes ke air, warnaya menyebar segera dan cepat kesegala arah. Jika itu dilakukan oleh orang biasa tentu tidak memiliki dampak yg besar, lain halnya jika perilaku dan ucapan kotor dilakukan oleh mereka para pejabat dan publik figur.

Keteladanan (yang baik) rasanya sudah usang dan hanya ada dibuku buku sekolah tempo dulu, pameo
“Ing ngarso sung tulodho” - orang tua sebaiknya memberi tauladan, contoh yang buat anak anak.- sudah tidak ada hubungannya sama sekali. Bagi saya sungguh menyakitkan ketika ada seorang pejabat publik dengan seenaknya berperilaku buruk, berkata dengan bahasa yang tidak pantas. Silahkan bagi orang lain mengatakan yang penting kerjanya, dan tidak korup, tapi bagi saya hasil kerja yang baik, tidak korup, perilaku dan ucapan yang baik merupakan satu paket yang wajib dimiliki pejabat dan publik figur.


0 komentar :

Post a Comment